Saturday, December 15, 2018

5 Fakta Pesawat Antonov An-225

Pesawat Antonov An - 225 merupakan salah satu pesawat yang di buat oleh perusahaan Antonov , yang di produksi pada tahun 1988  .

Dahulu pesawat ini digunakan untuk mengangkut pesawat ulang alik Buran menggantikan Myasishchev VM-T. Namun seiring dengan bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991 dan proyek Buran yang tidak dilanjutkan lagi tahun 1993 pesawat ini terpaksa tidak beroperasi (tidak tampak) selama hampir 8 tahun. Pada tahun 2001, pesawat ini kembali dioperasikan dengan menjadi pengangkut berat yang bernomor penerbangan UR-82060 (yang sebelumnya СССР-82060) sampai sekarang.

Tujuan awal pembuatan An-225 adalah untuk mengangkut komponen yang sangat besar milik program “space” Soviet. Tugas pengangkutan ini awalnya dilakukan oleh bomber M-4 Molot yang dimodifikasi, tetapi pesawat ini tidak mempunyai daya angkut yang cukup untuk pengembangan Roket pada tahun 1980an. Antonov diberi tugas untuk mengembangkan pesawat yang mampu mengangkut suttle space Buran, komponen dari roket Energiya, atau kargo lain yang dibutuhkan oleh industri konstruksi dan pertambangan.

Saat ini saya akan memberikan 5 fakta tentang pesawat Antonov An - 225.


1. Pesawat terbesar di dunia

    Pesawat Antonov An - 225 merupakan pesawat terbesar yang pernah mengangkasa di dunia . Sedemikian besarnya, panjang tubuh pesawat raksasa itu melampaui jarak penerbangan pesawat pertama ciptaan Wright Bersaudara.

Kini, Pesawat Antonov An-225 berusia 30 tahun dan sekarang pesawat ini harua melalui proses pemerajaan agar bisa tahan digunakan 20 tahun mendatang.


2. Biaya Operasional yang Mahal

     Bayangkan pesawat ini hanya terbang selama 1 jam saja membutuhkan sekitar US$30.000 atau hampir Rp400 juta. Mahal sekali bukan? Pastinya dikarenakan suku cadang yang harus di miliki pesawat ini sangat banyak, dan juga permintaannya sangat sedikit sekali . 


3. Alexander Galunenko dan Nikolay Kalashnikov

     Alexander Galunenko merupakan orang pertama yang menerbangkan pesawat ini . Galunenko sendiri adalah pilot penguji untuk pesawat yang di miliki oleh Uni Soviet , Galunenko menerbangkan pesawat ini pada 21 Desember 1988 . 

     Nikolay Kalashnikov merupakan pakar mesin yang bertugas merancang dan membangun proyek pesawat Antonov An - 225 . Kalashnikov menghabiskan seluruh karier profesionalnya di perusahaan berusia 71 tahun tersebut. Baginya pesawat tersebut adalah puncak dari karier nya .


4. Segudang Potensi 

     Pesawat ini sebenarnya masih memiliki potensi yang banyak , sebagai contoh pesawat Antonov An - 225 dikembangkan menjadi landasan peluncur bagi pesawat lain dengan demikian pesawat lain tersebut dapat lepas landas saat Pesawat An - 225 sedang mengudara. 


5. Мрія (Mriya)

      Mriya yang berarti Mimpi atau Inspirasi dalam bahasa Indonesia . Pesawat tersebut mendapat juluka Mriya dikarenakan pesawat tersebut sangat jarang untuk mengudara lagi , waktu yang di habiskan bagi pesawat ini hanya lah tidur nyenyak , walau beberapa kali pesawat tersebut di bangunkan untuk perawatan . 



Ya itulah 5 fakta yang di miliki pesawat Antonov An - 225 si " Burung Raksasa" . Bagaimana? Apakah artikel ini cukup menarik ? Semoga dengan artikel dapat menambah wawasan bagi yang membaca . Mohon maaf kalau saya masih kurang dari kata - kata , dan tidak pernah bosan saya ingatkan kepada kalian untuk klik IKLAN agar saya lebih semangat untuk menulis artikel.


Load disqus comments

0 komentar