Saturday, August 2, 2014

Cara Menambah Nafsu Makan

Hai sobat Gua, kali ini saya akan memposting  tentang menambah nafsu makan, bagi yang sulit atau enggan makan bahkan untuk yang ingin menambahkan berat badan. Yuk mari kita simak bersama....

Makanan adalah hal yang penting bagi kita bahkan sangat penting, dikarenakan sumber energi yang ada pada tubuh kita ialah berasal dari makanan. Kenapa ? Ya tidak kenapa - kenapa, tidak mungkin kan dari mungut di jalan. Energi yang ada di dalam tubuh kita ini timbul karena terjadi pembakaran karbohidrat, protein dan lemak. Maka dari itu, perlu ada pemasukan zat-zat makanan yang cukup kedalam tubuh kita supaya energi kita terpenuhi. Akan tetapi, ada sebagian dari kita yang kadang bisa saja tidak memiliki selera atau nafsu makan ( masalahnya di sini nih ).

Kurangnya selera atau nafsu makan juga dapat berakibat berkurangnya berat badan kita. Adapun penyebab kurangnya selera makan yakni antara lain karena demam infus, peradangan, influenza, serta malaria, mood yang sedang jelek, jenis makanan yang tersedia, masih banyak lagi dah.



Untuk mengatasi kurangnya selera atau nafsu makan, anda bisa mengkonsumsi suplement vitamin sebagai peningkat nafsu makan, namun alangkah baiknya bila kita menggunakan cara-cara yang alami serta tips dari tetangga sebelah. Di bawah ini, kami akan memberikan tips cara menambah nafsu makan.

Jamu tradisional untuk menambah nafsu makan :



1. Dengan temulawak
Cara membuat ramuan untuk menambah nafsu makan yakni parut 30 gram rimpang temulawak sampai halus, tambahkan 3 sendok makan air lalu peras parutan rimpang temulawak tersebut. Setelah itu tambahkan 1 sendok teh gula aren kedalam air perasan, nah setelah itu konsumsi air tersebut untuk menambah nafsu makan. Anda dapat menerapkan cara ini 3 kali sehari. Kalau admin sih mending beli, hahahaha...


2. Daun kenikir/nikir
Caranya cukup mudah, yakni dengan menjadikan daun nikir sebagai lalapan setiap kali anda makan. Namun sebelumnya cuci terlebih dulu daun tersebut ya agar terhindar dari kuman dan diare.



3. Daun pepaya
Caranya yakni lumatkan daun buah pepaya yang sudah dicuci bersih, lalu tambahkan setengah gelas air dan garam secukupnya. Setelah itu peras sampai keluar airnya, minumlah air perasan tersebut untuk menambah nafsu makan. Sebaiknya dilakukan pada pagi hari.





Tips untuk menambah nafsu makan :

1. Olahraga
Semua jenis latihan olahraga apapun itu yang bisa meningkatkan detak jantung anda tentu akan membakar kalori. Ketika tubuh anda sedang mengalami pembakaran kalori, hal tersebut bisa merangsang nafsu makan dan meningkatkan keinginan untuk memakan sesuatu.

2. Hindari asupan cairan sebelum makan
Riset membuktikan bahwa seseorang yang meminum 2 sampai 8 ons gelas air sebelum mereka setiap kali makan, hal itu akan menghilangakan 5 pound tambahan jika di bandingkan dengan seseorang yang tidak meminum air sebelum setiap kali makan.

3. Tertawa
Menurut Dokter dari Loma Linda University menemukan bahwa tertawa dapat mempengaruhi selera atau nafsu makan seseorang. Penelitian ini membuka kemungkinan untuk menemukan solusi dalam mengatasi masalah nafsu makan, khususnya bagi mereka yang tidak bisa berolahraga secara rutin

4. Makan dengan menggunakan piring yang berwarna cerah
Memakan makanan dengan menggunakan pring yang cerah seperti merah, orange, kuning di yakini bisa meningkatkan keinginan seseorang untuk makan lebih banyak. Warna merah bisa meningkatkan laju pernapasan serta menaikkan tekanan darah sehingga dapat meningkatkan selera atau nafsu makan seseorang. Warna orange atau kuning dpat meningkatkan konsentrasi serta merangsang selera atau nafsu makan,karena hal ini berkaitan dengan kebahagiaann.

5. Suplemen Vitamin B
Cara menambah nafsu makan selanjutnya dengan mengkonsumsi vitamin B. Vitamin B di percaya mampu untuk membantu meningkatkan mood yang mungkin efektif bagi orang-orang yang menderita kehilangan nafsu makan .

6. Konsumsi Zinc
Sesorang yang menderita dengan kekurangan zinc menemukan bahwa rasa dari makanan akan berbeda baginya, akibatnya orang tersebut mungkin akan mengalami penurunan nafsu makan. Apabila makanan anda terasa tak enak lagi bagi anda, tidak menutup kemungkinan bahwa anda sedang mengalami kekurangan zinc.

7. Mengkonsumsi Jeruk
Buah jeruk kaya akan vitamin C. Hal ini terbukti bisa membantu dalam meningkatkan nafsu makan dan juga bisa menjaga daya tahan tubuh seseorang. Maka dari itu, bila anda termasuk salah satu orang yang ingin menambah nafsu makan, anda dapat mengkonsumsi buah jeruk yang segar secara teratur.

8. Begadang
Ketika anda sedang bekerja atau meluangkan waktu untuk begadang, hal ini akan membantu untuk meningkatkan mood atau selera makan anda. Akan tetapi ada satu hal yang perlu di ingat, makan ketika anda ingin tidur tidaklah di anjurkan. Hal yang demikian bisa menambah lemak yang berlebih di dalam tubuh anda.

Demikianlah ulasan mengenai 8 tips atau cara menambah nafsu makan secara alami. Apabila anda termasuk salah satu dari orang yang mengalami penurunan dalam selera makan, anda perlu mencoba 8 tips atau cara dari tetangga sebelah. Semoga informasi dari kami dapat bermanfaat bagi anda semua.

Gimana sobat Gua, mau coba tidak ? hahaha
Selamat mencoba dah buat pengunjung Blog Gua Ini

Tunggu posting selanjutnya dari kami, dadah....

SUMBER
Load disqus comments

0 komentar